Sutiarso, Sugeng (2020) Optimalisasi Penggunaan Papan Tulis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FKIP UNILA 2020, 16 JANUARI 2020, LAMPUNG.
|
Text
semnas 2020.pdf Download (270kB) | Preview |
Abstract
Papan tulis merupakan media pembelajaran utama di kelas. Umumnya papan tulis digunakan guru untuk menjelaskan materi pelajaran, menggambarkan grafik, atau melakukan evaluasi/tes. Seiring perkembangan teknologi, seringkali papan tulis dianggap kuno dan ‘remeh’ manfaatnya. Banyak sekolah/universitas telah mengurangi bahkan menghilangkan penggunaan papan tulis dan menggantinya dengan media pembelajaran yang lebih modern, seperti LCD dan TV. Padahal beberapa fungsi papan tulis ada yang tidak dapat digantikan oleh media modern lain. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa penggunaan papan tulis dilakukan dengan benar dan tepat akan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Makalah ini merupakan kajian dari beberapa studi/penelitian (meta-analisis) tentang cara mengotimalkan penggunaan papan tulis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SUGENG SUTIARSO |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 08:12 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 08:12 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27883 |
Actions (login required)
View Item |