Maryani, Lili and Sunyono, Sunyono and Abdurrahman, Abdurrahman (2017) Efektivitas LKPD Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (3). pp. 1-12. ISSN 2302-0105

[img]
Preview
Text
Jurnal 2017_4_J.Fisika.pdf

Download (812kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan LKPD berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Pemilihan sampel penelitian dilakukan secara random dari populasi siswa kelas VII SMPN 31 Bandar lampung tahun ajaran 2016-2017, sehingga diperoleh kelas VII B dan VII I sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain preposttest. Analisis data meliputi hasil pretes, postes dan n-Gain untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa secara deskriptif. Keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa pada kelas eksperimen 1 dan 2 diobservasi oleh dua guru sains. Hasil penelitian diperoleh rata-rata n-gain masing-masing kelas eksperimen 0,70 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan rata-rata n-Gain disimpulkan bahwa LKPD berbasis Project Based Learning sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: SUNYONO
Date Deposited: 02 Aug 2020 19:39
Last Modified: 02 Aug 2020 19:39
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/23479

Actions (login required)

View Item View Item