Hidayatullah, Riyan (2020) Kajian Literatur Strategi Belajar Metakognisi dalam Belajar Instrumen Musik. In: Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang 2019.
|
Text
metakognisi Riyan_compressed.pdf Download (124kB) | Preview |
|
Text
368 - Published Version Download (14kB) |
Abstract
Artikel ini ini bertujuan untuk melakukan melakukan melakukan penelurusan tentang strategi pemnelajaran metakognisi dalam pembelajaran musik. Strategi ini memungkinkan seorang pembelajar musik memaksimalkan pengaturan diri dalam menyusun perencanaan, memonitor dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis literatur dan referensi yang relevan berdasarkan penggunaan metakognisi dalam pembelajaran musik. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan pemetaan yang komprehensif dan refleksi terhadap pembelajaran musik yang umum terjadi di Indonesia. Hasilnya, metakognisi menekankan pada pengaturan diri dalam belajar untuk mengambil sebuah keputusan, merefleksikan tujuan belajar, latihan secara intensif, memecahkan masalah dan mencatat setiap kemajuan dalam belajar musik. Kesimpulannya, metakognisi merupakan kemampuan belajar tingkat tinggi yang menuntut kemandirian dan masih memerlukan guru. Kemampuan mengorganisasi waktu dan materi latihan menjadi faktor penentu dalam pembelajaran musik. Strategi ini dapat diterapkan pada pembelajaran individu dan ansambel untuk setiap instrumen musik. Kata Kunci: metakognisi, pengaturan diri, pembelajaran instrumen musik
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > ML Literature of music |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik |
Depositing User: | Riyan Hidayatullah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 04:33 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 04:33 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/18533 |
Actions (login required)
View Item |