Coesamin, Coesamin (2019) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Pembelajaran Dengan Pendekatan Konstruktivis. In: Seminar Nasional Jurusan PMIPA FKIP 2019, 31 Oktober 2019, Bandar Lampung. (In Press)

[img]
Preview
Text
1. M.Coesamin_2019_Jurnal.pdf

Download (522kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id

Abstract

Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang tidak mudah dicapai oleh siswa, bagian yang sulit bagi guru untuk mengajarkannya, tetapi merupakan salah satu sasaran capaian penting dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII Semester Genap Tahun Akademik 2014/2015 setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis. Pengambilan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara untuk memperoleh objektivitas terhadap jawaban siswa yang diberikan melalui tes tersebut, juga tentang kemampuan yang tidak terekam melalui jawaban tes. Wawancara tersebut dilakukan terhadap enam orang siswa yang dikenai penelitian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa yang dikenai penelitian lebih mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang yang semua rusuk tegaknya tegak lurus terhadap sisi alasnya dibandingkan dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan bangun ruang yang rusuk-rusuk tegaknya tidak tegak lurus terhadap sisi alasnya. Kata Kunci: Analisis, Konstruktivisme, Pemecahan Masalah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: M COESAMIN
Date Deposited: 14 Nov 2019 11:05
Last Modified: 14 Nov 2019 11:05
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16358

Actions (login required)

View Item View Item