Hidayatullah, Riyan (2020) Kajian Literatur Strategi Belajar Metakognisi dalam Belajar Instrumen Musik. In: Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang 2019.

[img] Text
metakognisi Riyan_compressed.pdf

Download (124kB)
[img] Text
368 - Published Version

Download (14kB)
Official URL: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/s...

Abstract

Artikel ini ini bertujuan untuk melakukan melakukan melakukan penelurusan tentang strategi pemnelajaran metakognisi dalam pembelajaran musik. Strategi ini memungkinkan seorang pembelajar musik memaksimalkan pengaturan diri dalam menyusun perencanaan, memonitor dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis literatur dan referensi yang relevan berdasarkan penggunaan metakognisi dalam pembelajaran musik. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan pemetaan yang komprehensif dan refleksi terhadap pembelajaran musik yang umum terjadi di Indonesia. Hasilnya, metakognisi menekankan pada pengaturan diri dalam belajar untuk mengambil sebuah keputusan, merefleksikan tujuan belajar, latihan secara intensif, memecahkan masalah dan mencatat setiap kemajuan dalam belajar musik. Kesimpulannya, metakognisi merupakan kemampuan belajar tingkat tinggi yang menuntut kemandirian dan masih memerlukan guru. Kemampuan mengorganisasi waktu dan materi latihan menjadi faktor penentu dalam pembelajaran musik. Strategi ini dapat diterapkan pada pembelajaran individu dan ansambel untuk setiap instrumen musik. Kata Kunci: metakognisi, pengaturan diri, pembelajaran instrumen musik

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: Riyan Hidayatullah
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:33
Last Modified: 12 Mar 2020 04:33
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/18533

Actions (login required)

View Item View Item