Puspaningtias, Azizah Arum and Sutiarso, Sugeng and Yunarti, Tina (2017) Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5 (9). pp. 1003-1014. ISSN 2338-1183
|
Text
okt 2017.pdf Download (447kB) | Preview |
Abstract
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretestposttest control group design. Instrumen penelitian ini adalah instrumen tes pemahaman konsep matematis. Analisis data penelitian ini menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t’ dan uji proporsi satu pihak. Berdasarkan hasil penelitian, model discovery learning tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SUGENG SUTIARSO |
Date Deposited: | 03 Aug 2018 07:34 |
Last Modified: | 03 Aug 2018 07:34 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/8559 |
Actions (login required)
View Item |