Suyatna, Agus and Maulina, Hervin and Usmeldi, Usmeldi (2018) Efektivitas Buku Fisika SMA Ditinjau Dari: Perbedaan Format Elektronik, Gender, Dan Karakteristik Materi. In: Seminar Nasional IPA IX, 21 April 2018, Universitas Negeri Semarang. (Unpublished)
Text
Artikel JPII Agus Suyatna.docx Download (59kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas buku fisika ditinjau dari perbedaan format elektronik, gender, dan karakteristik materi. Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan tipe Non-Eqivalent posttest-pretest control group design. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar fisika siswa dari enam SMA di Provinsi Lampung. Data dianalisis menggunakan anova untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang disebabkan oleh perbedaan format buku (elektronik interaktif dan tercetak), perbedaan gender, interaksi antara perbedaan format buku dan gender, serta karakteristik materi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang disebabkan oleh perbedaan format buku. Hasil belajar menggunakan buku elektronik interaktif lebih baik daripada menggunakan buku tercetak baik pada siswa laki-laki maupun perempuan. Perbedaan gender tidak mempengaruhi hasil belajar fisika baik menggunakan buku elektronik interaktif maupun buku tercetak. Tidak ada interaksi antara perbedaan format buku dengan gender dilihat dari hasil belajar fisika. Ada perbedaan hasil belajar yang disebabkan oleh karakteristik materi fisika.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Prof. Dr. Agus Suyatna |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 08:08 |
Last Modified: | 26 Jun 2018 08:08 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/7877 |
Actions (login required)
View Item |