Nurainy, Fibra and rangga, azhari and Reyhan, Mahesa ANALISIS PERILAKU DAN KEPUASAN KONSUMEN MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG TERHADAP MAKANAN CEPAT SAJI MENU UTAMA AYAM BAKAR (Studi Kasus di Suatu Kantin Bermenu Ayam). JURNAL TEKNOLOGI & INDUSTRI HASIL PERTANIAN. ISSN 1410-3044 (In Press)

[img] Text
Fibra , Mahesa dkk.docx

Download (158kB)
Official URL: http://jurnal.fp.unila.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil dan perilaku konsumen mahasiswa Universitas Lampung terhadap produk makanan cepat saji menu utama ayam bakar serta mengetahui tingkat kepentingan dan kinerja atribut-atribut yang mempengaruhinya dan menyusun rekomendasi bauran pemasaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei perilaku dan kepuasan konsumen terhadap 77 mahasiswa melalui wawancara dan pengisian kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, Importance Performance Analysis, dan Customer Satisfication Index. Berdasarkan hasil survey mayoritas konsumen mahasiswa berjenis kelamin perempuan sebanyak 67 orang dengan usia 20-24 tahun sebanyak 46 orang. Adapun motivasi awal konsumen adalah mudah didapat (29 orang) sedangkan manfaat yang dicari adalah rasanya enak (37 orang). Sumber informasi yang diperoleh berasal dari teman (53 orang) dimana rasa adalah atribut yang menjadi fokus utama (54 orang). Konsumen melakukan evaluasi alternatif pada atribut rasa (45 orang) dan waktu pembelian adalah pada siang hari (43 orang). Konsumen merasa cukup puas (43 orang) dan memutuskan untuk melakukan pembelian kembali (71 orang). Hasil analisis Importance Performance Analysis menunjukan bahwa kecepatan penyajian menjadi prioritas utama. Atribut yang kinerjanya baik sesuai dengan kepentingan konsumen adalah bumbu, tekstur, higienitas produk, keramahan dalam pelayanan dan kenyamanan tempat. Atribut dengan kinerja rendah adalah penampilan produk, potongan harga pada event tertentu, pemilihan media iklan yang digunakan, wadah penyajian dan ukuran per saji. Atribut yang memiliki tingkat kinerja berlebihan namun tidak dinilai terlalu penting oleh konsumen adalah harga, aroma dan kemudahan menjangkau lokasi. Hasil analisis Customer Satisfication Index (CSI) diperoleh nilai sebesar 86,56% yaitu konsumen merasa sangat puas. Rekomendasi terkait bauran pemasaran (7P) adalah produsen perlu memperbaiki variabel produk yaitu penampilan dan wadah penyajian serta promosi yaitu potongan harga pada event tertentu dan aktif melakukan promosi di media sosial.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Fibra Nurainy
Date Deposited: 21 Jun 2018 01:52
Last Modified: 21 Jun 2018 01:52
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/7277

Actions (login required)

View Item View Item