Saiful, S and Undang Rosidin, UR and Agus Suyatna, AS and Viyanti, V (2017) PERFORMANCE ASSESSMENT BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA. JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA, 4 (2). pp. 170-181. ISSN 2355 – 7109
|
Text
5395-11643-1-PB.pdf Download (523kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan performance assessment berbasis inkuiri terbimbing untuk mengukur keterampilan argumentasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (Four D Models) yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Penelitian dilakukan sampai pada tahap develop diantaranya uji validasi ahli, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek penelitian dilakukan pada kelas XI ditiga SMA yang terdapat di kota Bandar Lampung dengan jumlah siswa sebanyak 75 siswa. Instrumen performance assessment yang layak, valid, dan reliabel untuk mengukur keterampilan argumentasi. Performance assessment dapat diukur dengan soal berupa pilihan jamak beralasan, serta instrumen yang dikembangkan menurut pendapat guru mempunyai rata-rata skor 3,38 dengan kategori sangat baik untuk aspek kesesuaian, rata-rata skor 3,33 dengan kategori sangat baik untuk aspek kemudahan dan rata-rata skor 3,44 dengan kategori sangat baik untuk aspek kemanfaatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dr. Undang Rosidin |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 02:16 |
Last Modified: | 26 Apr 2018 02:16 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6228 |
Actions (login required)
View Item |