Goesthy Ayu Mariana Devi, Lestari and Afrizal Yudha Setiawan, Yudha and Dwitya Juwita, Juwita (2022) MODEL PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KOREOGRAFI DI PRODI PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG. Sultra Education Jurnal (Seduj), 2 (3). pp. 203-212. ISSN 2807-7474
This is the latest version of this item.
|
Text
Artikel Goesthy Ayu-Model Pembelajaran Koreografi.pdf Download (723kB) | Preview |
|
|
Text
Scan Review Artikel-Model Pembelajaran Koreografi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
CHAT Submission Journal SEDUJ.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pembelajaran pada mata kuliah koreografi di Prodi Tari Universitas Lampung. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Tari Universitas Lampung. Hasil penelitian menunjukan bahwa mata kuliah yang berjenis koreografi terdiri dari matakuliah Koreografi Tradisi, Komposisi Koreografi Pendidikan dan Koreografi non Tradisi. Pada mata kuliah Koreografi Tradisi menghasilkan produk karya seni berupa koreografi tunggal dan kelompok yang diwujudkan pada ruang konvensional (stage prosenium). Pada mata kuliah Komposisi Koreografi Pendidikan menghasilkan karya video tari yang mengedepankan proses kreatif alih wahana (ruang konvensional menuju ruang digital). Produk mata kuliah Koreografi Non Tradisi berupa karya seni yang diwujudkan melalui proses kreatif mahasiswa dalam ruang sosial. Ketiga mata kuliah tersebut merupakan pmbelajaran berbasis proyek dengan kinerja kelompok. Komponen model pembelajaran koreografi dapat dilihat berdasarkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered approach), strategi pembelajaran yang diterapkan pada membentuk beberapa kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran (group learning), sementara metode pembelajaran yang digunakan terdiri dari ceramah, presentasi, diskusi, dan evaluasi langsung. Secara keseluruhan, model pembelajaran pada mata kuliah koregrafi yang digunakan adalah Project Based Learning, dengan dimulai dari fase menentukan gagasan konsep, merancang model koreografi, menyepakati jadwal, bimbingan kemajuan karya, pementasan ujian karya, hingga evaluasi karya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Unnamed user with email goesty.ayu@fkip.unila.ac.id |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 05:09 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 05:09 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53305 |
Available Versions of this Item
-
MODEL PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KOREOGRAFI DI PRODI PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG. (deposited 10 Apr 2023 02:16)
- MODEL PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KOREOGRAFI DI PRODI PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG. (deposited 28 Feb 2024 05:09)
-
MODEL PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KOREOGRAFI DI PRODI PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG. (deposited 27 Feb 2024 04:09)
- MODEL PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KOREOGRAFI DI PRODI PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG. (deposited 28 Feb 2024 05:09) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |