Goesthy Ayu Mariana Devi, Lestari and Afrizal Yudha Setiawan, Yudha and Dwitya Juwita, Juwita (2022) MODEL PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KOREOGRAFI DI PRODI PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG. Sultra Education Jurnal (Seduj), 2 (3). pp. 203-212. ISSN 2807-7474

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
Artikel Goesthy Ayu-Model Pembelajaran Koreografi.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan Review Artikel-Model Pembelajaran Koreografi.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://jurnal-unsultra.ac.id/index.php/seduj

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pembelajaran pada mata kuliah koreografi di Prodi Tari Universitas Lampung. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Tari Universitas Lampung. Hasil penelitian menunjukan bahwa mata kuliah yang berjenis koreografi terdiri dari matakuliah Koreografi Tradisi, Komposisi Koreografi Pendidikan dan Koreografi non Tradisi. Pada mata kuliah Koreografi Tradisi menghasilkan produk karya seni berupa koreografi tunggal dan kelompok yang diwujudkan pada ruang konvensional (stage prosenium). Pada mata kuliah Komposisi Koreografi Pendidikan menghasilkan karya video tari yang mengedepankan proses kreatif alih wahana (ruang konvensional menuju ruang digital). Produk mata kuliah Koreografi Non Tradisi berupa karya seni yang diwujudkan melalui proses kreatif mahasiswa dalam ruang sosial. Ketiga mata kuliah tersebut merupakan pmbelajaran berbasis proyek dengan kinerja kelompok. Komponen model pembelajaran koreografi dapat dilihat berdasarkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered approach), strategi pembelajaran yang diterapkan pada membentuk beberapa kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran (group learning), sementara metode pembelajaran yang digunakan terdiri dari ceramah, presentasi, diskusi, dan evaluasi langsung. Secara keseluruhan, model pembelajaran pada mata kuliah koregrafi yang digunakan adalah Project Based Learning, dengan dimulai dari fase menentukan gagasan konsep, merancang model koreografi, menyepakati jadwal, bimbingan kemajuan karya, pementasan ujian karya, hingga evaluasi karya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Unnamed user with email goesty.ayu@fkip.unila.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:09
Last Modified: 27 Feb 2024 04:09
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53273

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item