Pramudiyanti, Pramudiyanti (2010) PENGGUNAAN LKM BERBASIS PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER I PENDIDIKAN BIOLOGI JPMIPA-FKIP UNILA. In: Seminar Nasional lesson study IV, 12 November, Malang.
|
Text
PENGGUNAAN LKM BERBASIS PENEMUAN (semnas LS).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Abstrnk: Bcrdasarkan reflcksi dan diskusi yang pcnulis lakukan diternukan permasalahan bahwa (I) dalam proses pcmbclnjaran doscn tclah mcnggunakan multi media intcraktif nnmun dalam pcnggunaannyn bclum mclibatkan mahasiswa: (2) pada saat prcscntnsi aktlvitas mahasiswa terasa kontras yakni rnahasiswa yang scdang prescntasi saja yang aktif scdangkan yang mendcngarkan menjadi pasif dan mclakuknn kcgiaian yang tidak rclevan dcngan pcmbclaiaran. Untuk itu perlu dikcmbangkan media bcrupa Lembar Kcrja Mahasiswa dihnrapkan media mampu mcmfasilitasi rnahasiswa untuk rneningkatkan aktivitas belajarnya, Mctodc pcnclitian ini yakni penelitian deskriptif dcngan pendekatan kualitatif dilakukan dalam 4 siklus, sctiap siklus terdiri dari plan, do, dan sec. Subjck yang dikaji scbagai sumbcr data yaitu rnahasiswa yang rnengikuti perkuliahan Biologi Dasar. lnstrumcn pcngumpulan data bcrupa lcmbar obscrvasi aktivitas mahasiswa dan dosen, dan angkct tanggapan mahasiswa. Data hasil observasi dianalisis secara kualitatif dcskriptif. Hasil pcnclitinn mcnunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa mcningkat mclalui penggunaan LKM. lndikator yang ditunjukkan adalah kemampuan presentasi, bcnanya, berdiskusi, marnpu mcnanggapi prescntasi, LKM scilap siklus mcngalnmi pcrbaikan kc arah kemajuan sehingga pcrannya dalarn memfasilitasi kcgiatan bclajar mnhnsiswa lebih optimal.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PRAMUDIYAN Pramudiyanti |
Date Deposited: | 15 May 2023 06:47 |
Last Modified: | 15 May 2023 06:47 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/51634 |
Actions (login required)
View Item |