Maulina, Dina and Widyastuti, Widyastuti and Maulina, Hervin and Mayasari, Shinta (2022) KAJIAN FAKTOR INTRINSIK DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Lensa (Lentera Sains) : Jurnal Pendidikan IPA, Lensa (Lentera Sains) : Jurnal Pendidikan IPA.
|
Text
kajian faktor intrinsik.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kajian Faktor Intrinsik dan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penguatan intrinsik dan keberhasilan pelaksanaan literasi sains pada jenjang SMP di kota Bandar Lampung saat pemberlakuan pembelajaran daring selama Pandemi Covid-19. Sampel penelitian sebanyak 331 siswa SMP yang berasal dari kelas VIII tahun ajaran 2020/2021. Sampel dipilih melalui kombinasi teknik stratified dan cluster random sampling untuk memperoleh jumlah sampel yang representatif. Perolehan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen beruapa tes literasi sains dan kuesioner penguatan intrinsik. Representasi data selanjutnya dianalisis secara deskriptif melalui nilai presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) faktor intrisik pada seluruh indikator masih di bawah 25%, (ii) indikator minat siswa dari dalam diri siswa dalam pelaksanaan pembelajaran sains selama belajar daring dalam kategori tinggi (18,7%) dan (iii) siswa menyadari ketergunaan untuk melakukan belajar sains dalam kategori tinggi (20,5%) dan (iv) kemampuan literasi sains siswa berdasarkan kompetensinya masih tergolong rendah, dengan keseluruhan aspek literasi sains menunjukan nilai kurang dari 16%. Kata kunci: faktor intrinsik, literasi sains, pembelajaran daring, sekolah menengah pertama.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | M.Psi, Psi SHINTA MAYASARI |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 10:47 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 10:47 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48192 |
Actions (login required)
View Item |