simamora, rizal efendi and Suyatna, Agus and ertikanto, chandra (2022) Penggunaan Virtual Laboratory secara Daring pada Praktikum Fluida Statis di Masa Covid-19. jurnal ilmiah pendidikan fisika, 6 (1). pp. 108-116. ISSN 2549-9963
|
Text
08-7263.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (cek similaritas turnitin)
08-7263.pdf.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan laboratorium virtual secara daring pada praktikum Fluida Statis terhadap peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada siswa kelas XI IPA 2 Pringsewu dengan desain penelitian Pre�eksperimental Design jenis One Sample Pretest-posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: instrumen pretest-posttest materi fluida statis dalam bentuk pilihan jamak sebanyak 20 butir soal. KPS siswa yang diamati antara lain: melakukan pengamatan, menafsirkan pengamatan (interpretasi), mengelompokkan/klasifikasi, berkomunikasi, berhipotesis, dan merencanakan percobaan. Hasil uji data penelitian diketahui bahwa persentase pencapaian rata-rata KPS siswa pada pretsest sebesar 42,52% dengan kategori cukup, sedangkan persentase rata-rata pencapaian pada posttest sebesar 73,48% dengan kategori baik Hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis paired sample t-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,00 < 0,050, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara persentase rata-rata KPS pretest dan posttest, dimana setelah menggunakan laboratorium virtual secara daring pada praktikum fluida statis rata-rata pencapaian KPS siswa pada posttest lebih besar. Dari hipotesis tersebut diharapkan penggunaan laboratorium virtual ini sangat membantu pada pembelajaran daring di kondisi pandemi covid-19.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dr. Chandra Ertikanto |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:11 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:11 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48072 |
Actions (login required)
View Item |