Ratna Wijaya, Ni Made and Bharata, Haninda and Suharsono, Suharsono (2017) Pengembangan LKPD Berbasis Strategi TAPPS untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ni Made Ratna Wijaya, Haninda Bharata, Suharsono S. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5 (3). ISSN 2338-1183

[img] Other (Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol:5 No:1 (2017) Wijaya)
12774

Download (19kB)
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/issue...

Abstract

Abstract This research development aimed to develop of TAPPS strategy worksheet for increasing mathematical communication ability. This study was initiated with preliminary studies, the composing, the validation, preliminary field testing, and main field testing. The subject of this research was students of VII D class of SMP N 1 Seputih Raman. The result of preliminary study indicated that there was a need to develop worksheet. The arranges of worksheet were started with the draft-preperation and all of components based on the composing guidelines. The result of the validation showed that the worksheet got the standard qualification for its content and design. The field trial results showed that students’ mathematical communication aspect was good enough because more than 70 % of the students have reached minimum criteria. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan LKPD berbasis strategi TAPPS untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini diawali dari studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Seputih Raman Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya kebutuhan dikembangkannya LKPD berbasis startegi TAPPS. Penyusunan LKPD diawali dengan menyusun draft LKPD dan semua komponennya berdasarkan panduan penyusunan LKPD. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi, dan desain. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa aspek komunikasi matematis siswa cukup baik karena lebih dari 70% siswa telah memenuh kriteria ketuntasan minimal. Kata kunci: Komunikasi matematis, LKPD, TAPPS.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr Suharsono S
Date Deposited: 10 Nov 2017 15:24
Last Modified: 10 Nov 2017 15:24
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/4152

Actions (login required)

View Item View Item