Darwanto, Darwanto and Caswita, Caswita and Suharsono, Suharsono (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MODEL PBL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA Darwanto Darwanto, Caswita Caswita, Suharsono Suharsono. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5 (1). ISSN : 2338-1183

[img] Other (Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol.5 No:1 (2017))
11703

Download (19kB)
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/artic...

Abstract

Abstract The aim of this research and development was to find out the validity and the effectivityof developed math learning materials by PBL in developing students’ creative thinking ability. The subjects of this research were the tenth grade students of MAN 2 Lampung Utara. The result showed that based on the judgement of the experts on learning materials, design and media, the developed learning materials have met the requirements and eligibility standard. The result of this research of data analysis confirmed that the mean score of students’ learning result passed the school passing grade and it was good. Besides, through data analysis of students’ respon, it showed that students’ respon was good so that the learning process by developed learning materials could be able to develop students’ creative thinking. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan efektivitas pengembangan bahan ajar matematika dengan model PBL dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA2 MAN 2 Lampung Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar telah memenuhi syarat dan standar kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli desain dan media. Hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata hasil tes belajar peserta didik menunjukan hasil yang baik yaitu terlampauinya KKM, dan juga analisis data berupa respon menunjukan bahwa peserta didik merespon dengan baik, sehingga pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan mampu mengembangkan berpikir kreatif peserta didik. ­­­­Kata kunci: bahan ajar, berpikir kreatif, problembased learning

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr Suharsono S
Date Deposited: 10 Nov 2017 15:24
Last Modified: 10 Nov 2017 15:24
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/4148

Actions (login required)

View Item View Item