Pramudiyanti, Pramudiyanti and meriza, Nadya and Maulina, Dina and Rakhmawati, Ismi (2021) Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Tahap Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Biologi Di SMAN Bandar Lampung. Tabikpun, 2 (3). pp. 233-242. ISSN 2745-7699

[img] Text
54 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30kB)
Official URL: https://tabikpun.fmipa.unila.ac.id/index.php/jpkm_...

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu upaya guru untuk meningkatkan kualitas diri dan kualitas pembelajaran. PTK tidak terikat oleh materi tertentu atau waktu khusus sehingga dapat dilakukan guru setiap saat. Meskipun demikian, guru membutuhkan pendampingan untuk mempraktekkan penelitian ini. Materi pendampingan berupa pemaparan konsep-konsep PTK, praktek PTK yang mudah dan membuat artikel sederhana hasil PTK. Harapan dari kegiatan ini adalah munculnya guru yang memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan pembelajaran melalui PTK. Hasil sekaligus kesimpulan pendampingan adalah pengetahuan guru mengenai PTK sudah baik, bahkan satu guru berkategori sangat baik. Selain itu, pengalaman PTK masing-masing guru menjadi kaya dan terukur secara kualitatif. Saat sesi diskusi, pengetahuan guru secara kognitif muncul, namun guru masih kesulitan menuliskannya dalam proposal. Faktor pengetahuan pedagogik atau ilmu kependidikan dan kurangnya keterampilan mencari informasi ilmiah merupakan kendalanya. Tindak lanjut yang perlu dilakukan adalah pelatihan keterampilan mencari informasi ilmiah dan peningkatan pengetahuan pedagogik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: PRAMUDIYAN Pramudiyanti
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:09
Last Modified: 19 Apr 2022 01:09
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/41354

Actions (login required)

View Item View Item