Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Tahap Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Biologi Di SMAN Bandar Lampung

Authors

  • Pramudiyanti Pramudiyanti Universitas Lampung
  • Nadya Meriza Universitas Lampung
  • Dina Maulina Universitas Lampung
  • Ismi Rakhmawati Universitas Lampung

Keywords:

Bandar Lampung, Guru Biologi, Pendampingan PTK, SMA

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu upaya guru untuk meningkatkan kualitas diri dan kualitas pembelajaran. PTK tidak terikat oleh materi tertentu atau waktu khusus sehingga dapat dilakukan guru setiap saat. Meskipun demikian, guru membutuhkan pendampingan untuk mempraktekkan penelitian ini. Materi pendampingan berupa pemaparan konsep-konsep PTK, praktek PTK yang mudah dan membuat artikel sederhana hasil PTK. Harapan dari kegiatan ini adalah munculnya guru yang memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan pembelajaran melalui PTK. Hasil sekaligus kesimpulan pendampingan adalah pengetahuan guru mengenai PTK sudah baik, bahkan satu guru berkategori sangat baik. Selain itu, pengalaman PTK masing-masing guru menjadi kaya dan terukur secara kualitatif. Saat sesi diskusi, pengetahuan guru secara kognitif muncul, namun guru masih kesulitan menuliskannya dalam proposal. Faktor pengetahuan pedagogik atau ilmu kependidikan dan kurangnya keterampilan mencari informasi ilmiah merupakan kendalanya. Tindak lanjut yang perlu dilakukan adalah pelatihan keterampilan mencari informasi ilmiah dan peningkatan pengetahuan pedagogik.

References

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1-19.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14-25.

Hopkins, D. (2008). A Teacher’s Guide to Classroom Research (4th ed.). Berkshire, England: McGraw-Hill Education.

Kemendikbud Ristek, RI. (2005, Desember 30). Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Retrieved Agustus 9, 2021, from Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, Kemendikbud: https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_Tahun2005_nomor014.pdf

Kemendikbud Ristek, RI. (2012, Agustus 10). Undang-undang Republik Indonesia No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Retrieved Agustus 10, 2021, from Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, Kemendikbudristek RI: https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU%20Nomor%2012%20Tahun%202012%20tentang%20Pendidikan%20Tinggi.pdf

Kemenpan RB, RI. (2009, November 10). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Retrieved Agustus 9, 2021, from Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, Kemenpan RB: https://jdih.menpan.go.id/puu-198-Peraturan%20Menpan.html

Lusianai, W. O., Surimi, L., Nurfikria, I., Jabar, A. S., Idrus, S. H., & Amin, H. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pengisian Konten Kelas Virtual Berbasis Web Blog. JPPM: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 221-230.

Nurcahyani, E., Zulkifli, & Kanedi, M. (2021). Pengenalan dan Pelatihan Teknik Kultur Jaringan Tumbuhan Bagi Guru Biologi SMA Se-Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(1), 39-46.

Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165-176.

Wardhana, D. E., Basuki, R., & Noermanzah. (2020). Webinar dan Pendampingan Daring Penulisan Artikel Hasil Penelitian pada Jurnal Nasional Terakreditasi bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 228-235.

Wibawa, S. (2017, Maret 29). Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Rapat Perencanaan Pengawasan Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri. Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia. Retrieved from https://unindra.ac.id/assets/uploads/file-80.pdf

Downloads

Published

2021-11-28

Issue

Section

Articles