Dewi Lengkana, Dewi Lengkana and Tri Jamo, Tri Jalmo Studi analisis dampak pembelajaran asynchronous dan synchronous terhadap kemampuan representasi, metakognisi dan miskonsepsi mahasiswa calon guru Biologi. Project Report. LPPM Unila. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
laporan Penelitian Professorship dewi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi Analisis Dampak Pembelajaran Asynchronous dan Synchronous terhadap Kemampuan Representasi, Metakognisi dan Miskonsepsi mahasiswa calon guru Biologi. Abstrak Konten materi Biologi bersifat abstrak, kompleks dan dikomunikasikan dalam bentuk multi representasi sehingga untuk memahaminya diperlukan kemampuan representasi. Berdasarkan hasil observasi di kelas proses pembelajaran pada materi konsep bersifat searah atau teacher centered dan tidak melibatkan serta mengembangkan potensi kemampuan representasi siswa. Selama pandemi covid 19 pembelajanran dilaksanakan secara online model asynchronous dan synchronous. Dalam pembelajaran online model synchronous materi diberikan secara langsung virtual time, sedangkan dalam model asynchronous materi diinput di learning system. Di Unila pembelajaran online secara asynchronous difasilitasi menggunakan LMS moodle dalam bentuk Vclass. Hasil belajar siswa pada aspek kognitif umum nya dievaluasi dengan mengacu pada taxomoni pengetahuan Bloom yang telah direvisi. Berdasarkan taksonomi Bloom yang baru, hasil belajar siswa bisa dievaluasi kemampuan metakognisinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran online synnchronus dan asynchronous terhadap kemampuan metakognisi dan tingkat miskonsepsi mahasiswa calon guru Biologi. Penelitian merupakan penelitian quasy eksperiment akan dilaksanakan menggunakan rancangan Non equivalent Group Pretest-Postest design sampel diambil secara purposive sampling dengan populasinya mahasiswa calon guru Biologi Semester 7. Untuk mencapai tujuan tersebut langkah-langkah penelitian yang akan dilakukan adalah sebagai berikut: (1) melakukan observasi dan melaksanakan need assesment ke mahasiswa calon guru Biologi FKIP Unila, (2) melakukan identifikasi kemampuan representasi pada mahasiswa (3) menyusun instrument untuk mengukur kemampuan representasi, kemampuan metakognisi, dan miskonsepsi (4) memvalidasi semua perangkat penelitian (4) melaksanakan penelitian, (5) menganalisis data kemampuan representasi, data kemampuan metakognisi dan kemampuan miskonsepsi mahasiswa. Luaran yang akan dihasilkan dari penelitian ini adalah laporan penelitian, seminar hasil penelitian, serta artikel di jurnal nasional atau jurnal internasional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: Dr Dewi Lengkana
Date Deposited: 24 Jan 2022 01:15
Last Modified: 24 Jan 2022 01:15
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/38222

Actions (login required)

View Item View Item