Lestari, Dyah Aring Hepiana and Sayekti, Wuryaningsih Dwi and Prasmatiwi, Fembriarti Erry and Ismono, R Hanung (2021) PEMBINAAN KWT HARAPAN JAYA DALAM PENERAPAN BAURAN PEMASARAN JAHE INSTAN. Project Report. LPPM UNILA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
LAPORAN PENGABDIAN 2021.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Kelompok Wanita Tani (KWT) Harapan Jaya di Kota Bandar Lampung mengelola lahan pekarangan antara lain untuk menanam jahe yang kemudian diolah menjadi jahe instan. Usaha ini dilakukan sejak tahun 2019 untuk meningkatkan pendapatan dalam rangka mencukupi kebutuhan rumah tangga. Sejak pandemi Covid 19, permintaan terhadap jahe instan sebagai minuman untuk meningkatkan imunitas tubuh meningkat. KWT Harapan Jaya diharapkan dapat menangkap peluang pengembangan usaha ini. Akan tetapi, masalah yang dihadapi bila akan meningkatkan produksi adalah ketersediaan bahan baku. Selain itu, produk yang dihasilkan selama ini belum dikemas dengan baik, penentuan harga jual belum benar, pemasaran masih terbatas, dan promosi belum dilakukan. Oleh karena itu perlu dilakukan pembinaan terhadap KWT Harapan Jaya agar dapat menangkap peluang pasar jahe instan sehingga tujuan untuk dapat memperoleh tambahan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan anggota KWT Harapan Jaya terwujud. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kinerja KWT Harapan Jaya dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anggota KWT Harapan Jaya tentang: 1) pengadaan bahan baku, 2) bauran pemasaran product, 3) bauran pemasaran price, 4) bauran pemasaran place, dan 5) bauran pemasaran promotion. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah penyuluhan (ceramah dan diskusi). Selain itu juga dilakukan pendampingan kepada KWT Harapan Jaya. Setelah kegiatan penyuluhan dilakukan, pengetahuan anggota KWT Harapan Jaya mengenai pengadaan bahan baku jahe merah dan bauran pemasaran meningkat sebesar 66,17 persen. Peserta kegiatan antusias mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat terlihat dari persentase kehadiran sebesar 65 persen (lebih dari 50 persen anggota aktif) dan diskusi berjalan lancar serta aktif. Pengembangan kemasan produk, tertib pembukuan usaha, penetapan harga jual jahe instan, pemanfaatan media sosial dalam pemasaran dan promosi jahe instan KWT Harapan Jaya perlu waktu yang lebih panjang untuk mengevaluasinya. Kata kunci : agribisnis, bauran pemasaran, jahe instan

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Agribisnis
Depositing User: DYAH ARING
Date Deposited: 11 Nov 2021 06:55
Last Modified: 11 Nov 2021 06:55
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36046

Actions (login required)

View Item View Item