Rosita, Rosita and Fadiawati, Noor and Tania, Lisa EFEKTIVITAS E-BOOK INTERAKTIF SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia.

[img] Text
11689 - Published Version

Download (23kB)

Abstract

The research objective was to evaluate the effectiveness of the interactive e-book on student’s critical thinking skills improvement in the subject matter of human digestion system. The research design wasquasi experiment with the matching-only pretest-posttest control group design. The study was conducted at two classes of 8th grade students at Al Kautsar Middle School, Bandar Lampung. Result showed that the interactive e-book was feasible to be used as learning material.This was indicated by responses of the teacher toward the product were 100% on the subject mattercompatibility, 84% on attractiveness, and 88% on language aspect. The e-book also gained high responses from the student namely90% on readability, 94% on attractiveness, and 90% on understandability.The n-gain value of experimental class (0.54) was significantly higher than that of control class (0.27). The effectiveness of learning using the interactive e-book was shown by the n-gain value of 0.54. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas e-book interaktif dalam menumbuhkembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan manusia.Disain penelitian ini termasuk eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan the matching-only pretest-posttest control group design. Subyek penelitian adalah dua kelas VIII di SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar. Hal ini terlihat dari rata-rata respon guru terhadap produk adalah 100% untuk aspek kesesuain isi materi, 84% aspek kemenarikan, dan 88% aspek bahasa.E-book yang dikembangkan mendapat respon tinggi dari siswa yaitu sebesar 90% untuk aspek kemudahan, 94% aspek kemenarikan,dan 90% aspek keterpahaman.Nilai n-gain keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen (0,54) secara nyata lebih tinggi (Sig. 0,00) dibandingkan dengan nilai n-gain siswa kelas kontrol (0,27). Efektivitas pembelajaran menggunakan e-book interaktif ditunjukkan olehskor n-gain sebesar 0,54. Kata kunci: berpikir kritis, e-book interaktif, sistem pencernaan manusia

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr., M.Si. Noor Fadiawati
Date Deposited: 12 Jun 2017 01:59
Last Modified: 12 Jun 2017 01:59
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/3508

Actions (login required)

View Item View Item