Suyatna, Agus (2017) MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KREATIF, KOLABORATIF, KOMUNIKATIF SISWA MELALUI PROSES PEMBELAJARAN. In: SEMINAR NASIONAL MEMBANGUN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN DASAR DALAM ERA GLOBAL,, 9-12 May 2017, Jakarta.
|
Text
Makalah Utama Seminar Nasional Guru Dikdas-Agus Suyatna.pdf Download (603kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkolaborasi, dan berkomunikasi global menjadi kompetensi penting dalam memasuki kehidupan abad 21. Sekolah dituntut mampu menyiapkan siswa/peserta didik untuk memasuki abad 21. Tujuan dari penyusunan makalah ini yaitu untuk menjawab permasalahan, bagaimana membangun kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif melalui proses pembelajan di sekolah. Metode yang digunakan yaitu studi literatur, dengan mengkaji kurikulum 2013 dalam kaitannya dengan pendidikan abad 21, teori-teori mengenai berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif, serta hasil-hasil penelitian yang relevan. Berdasarkan hasil kajian diperoleh kesimpulan kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolabotif, dan komunikatif dapat dibangun melalui proses pembelajan menggunakan strategi pembelajaran berbasis projek atau problem yang dikerjakan secara kolaboratif dengan pendekatan saintifik, hasil belajarnya dikomunikasikan baik secara tertulis maupun lisan. Kata kunci: kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, PjBL
Item Type: | Conference or Workshop Item (Keynote) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, PjBL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Prof. Dr. Agus Suyatna |
Date Deposited: | 12 Jun 2017 04:21 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 04:21 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/3020 |
Actions (login required)
View Item |