Abadi, Rido Yusuf and Kadaritna, Nina and Sofia, Emmawaty Penilaian Sejawat: Peningkatan KPS Siswa Laki-laki dan Perempuan Menggunakan LKS Laju Reaksi Berbais Pendekatan Saintifik. Jurnal pendidikan dan pembelajaran kimia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
37 artikel-27.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

Penilaian Sejawat: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan dari LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi konsep laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa laki-laki dan perempuan (gender). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 13 Bandar Lampung dengan kelas XI IPA2 dan XI IPA3 sebagai sampel penelitian yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa LKS berbasis pendekatan saintifik dan konvensional, soal pretes dan postes, serta lembar penilaian sikap. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA dua jalur dan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi konsep laju reaksi efektif dalam meningkatkan KPS siswa berdasarkan gender dan KPS siswa laki-laki lebih tinggi daripada KPS siswa perempuan

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: NINA KADAR
Date Deposited: 19 Apr 2021 01:25
Last Modified: 19 Apr 2021 01:25
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/29452

Actions (login required)

View Item View Item