prabowo, galuh catur wisnu and utami, gamilla nuri Penggunaan Chem Sketch untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Galuh CWP_Penggunaan Chem Sketch untuk Meningkatkan Moivasi Belajar Siswa_UNILA.docx

Download (133kB)

Abstract

Motivasi belajar yang rendah dapat menjadi penghambat pencapaian belajar peserta didik. Peserta didik SMP yang menggunakan kurikulum Cambridge dalam pembelajaran kimia dituntut untuk lebih dalam memahami konsep kimia. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang diharapkan nantinya akan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar kimia peserta didik kelas IX pada materi senyawa hidrokarbon menggunakan perangkat lunak Chem Sketch. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran. Data analisis yang digunakan adalah paired t-test dan N-Gain untuk melihat seberapa efektif penggunaan Chem Sketch dalam pembelajaran kimia. Didapatkan hasil yang signifikan pada peningkatan motivasi belajar menggunakan Chem Sketch dengan nilai signifikasi 0.00 < 0.05 sedangkan hasil nilai rata-rata N-Gain menunjukkan kategori sedang sebesar 0.56. Disimpulkan bahwa penggunaan Chem Sketch dapat meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran kimia pada materi senyawa hidrokarbon untuk peserta didik SMP.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Galuh Catur
Date Deposited: 24 Nov 2020 01:22
Last Modified: 24 Nov 2020 01:22
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26296

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item