Dimas Permadi, Dimas and Anggreini, Anggreini and B. Anggit Wicaksono, Anggit (2020) PENGEMBANGAN MODUL MULTIREPRESENTASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP). ISSN 2549-6158 (Submitted)
Text
JIFP.docx Download (93kB) |
Abstract
Setiap individu siswa memiliki kecerdasan masing-masing, tetapi bukan berarti mereka tidak dapat menerima pemahaman yang tidak sesuai dengan kecerdasannya. Penyampaian materi yang sesuai dengan kemampuan siswa akan memudahkan siswa untuk mempelajari materi tertentu. Penyampaian materi dengan berbagai simbol/gambaran (multirepresentasi) dapat menjadi salah satu alternatif mengatasi peredaan kecerdasan setiap siswa. Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan dirasa sangat penting untuk membantu siswa, bahkan dapat digunakan untuk menampilkan banyak reprsentasi. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh hasil validasi ahli materi dan desain dengan skor penilaian ideal 70 dan 73 dan teman sejawat 1 dan 2 masing-masing 66 dan 75, nilai cut off yang didapat adalah 70,5 sehingga modul yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan secara konstruk. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan modul multirepersentasi berbasis android memiliki kriteria sedang dengan gain sebesar 0,468 dan 77% siswa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dimas Permadi |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 08:54 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 08:54 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26064 |
Actions (login required)
View Item |