Ratu Betta Rudibyani, RBR and Sunyono, Sunyono and Emmawaty Sofia, ES and Saputra, Bayu (2019) Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving Bagi Guru-Guru Kimia SMA, SMK Di Kabupaten Pesawaran. In: Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat "Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan dalam Revolusi Industri 4.0", 24 - 25 Oktober 2019, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.
|
Text
Prosiding Pengabdian_Sunyono_2019.pdf Download (810kB) | Preview |
Abstract
Model problem solving merupakan cara penyajian bahan pelajaran dengan menjadikan suatu masalah sebagai titik tolak pembahasan untuk dianalisis dan disintesis dalam usaha mencari pemecahan atau jawabannya oleh siswa. Pada proses pembelajaran dengan model problem soving, guru memerlukan media ajar berupa LKS. LKS berbasis problem soving terdapat sintak-sintak yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa. LKS yang digunakan saat ini bukan dibuat sendiri oleh guru, LKS tersebut banyak kekurangan yaitu belum disertai dengan gambar, segi bahasa belum jelas dan terukur, materi terlalu singkat, soal-soal yang susah dipahami, tidak menggunakan variasi warna (hanya dominan warna hitam). Semua guru kimia SMA dan SMK di Kabupaten Pesawaran menghendaki adanya pelatihan pembuatan LKS yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir siswa dalam memecahkan masalah, yaitu Pelatihan Pembuatan LKS Berbasis Problem Solving. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode diskusi dan tanya jawab, yaitu pada hari Selasa, tanggal 13 Agustus 2019 di SMAN 1 Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. Peserta pelatihan adalah semua guru kimia SMA dan SMK di Kabupaten Pesawaran.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SUNYONO |
Date Deposited: | 25 Oct 2020 06:31 |
Last Modified: | 25 Oct 2020 06:31 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/24340 |
Actions (login required)
View Item |