Agustin, Meliana Sari and Sunyono, Sunyono and Efkar, Tasviri (2019) Pengaruh Isu Sosio-Saintifik dalam Meningkatkan Sikap Kreatif Siswa pada Materi larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (2). pp. 283-294. ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
JURNAL 1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dalam meningkatkan sikap kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi experimen dengan Pretest Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, didapatkan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji perbedaan dua ratarata dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kreatif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik berpengaruh besar dan positif dalam meningkatkan sikap kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SUNYONO |
Date Deposited: | 02 Aug 2020 19:39 |
Last Modified: | 02 Aug 2020 19:39 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/23478 |
Actions (login required)
View Item |