Fitri, Nur Qomaril Fitri and Efkar, Tasviri and Sunyono, Sunyono (2018) Efektivitas Pre-Lecture Quiz untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 19 (2). pp. 62-74. ISSN 1411-2531
|
Text
Jurnal 7b.pdf Download (878kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Pre-Lecture Quiz untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa Arrhenius. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non-equivalen pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling, dan diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Efektivitas Pre-Lecture Quiz ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara kelas kelas kontrol dan eksperimen, yaitu kelas kelas kontrol sebesar 0,53 dengan kategori “sedang” dan eksperimen sebesar 0,70 dengan kategori “tinggi”. Kesimpulan penelitian ini yaitu Pre-Lecture Quiz efektif dan mempunyai ukuran pengaruh yang besar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa Arrhenius.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Kimia |
Depositing User: | SUNYONO |
Date Deposited: | 02 Aug 2020 19:39 |
Last Modified: | 02 Aug 2020 19:39 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/23476 |
Actions (login required)
View Item |