Khotimah, Khusnul and Yunarti, Tina (2019) Deskripsi Self-Efficacy Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Pembelajaran Socrates Saintifik. Limacon: Journal of Mathematics Education, 1 (1). pp. 18-27. ISSN 2686-2549

[img]
Preview
Text
Khusnul Khotimah.pdf

Download (242kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/limacon

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan self-efficacy berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran Socrates saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang self-efficacy berpikir kritis matematis siswa yang diperoleh melalui lembar skala self-efficacy, lembar observasi, wawancara, dan jurnal. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa self-efficacy berpikir kritis matematis siswa yang dominan muncul pada saat pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Socrates Saintifik adalah merasa berminat, optimis dan yakin dalam dimensi magnitude/level, meningkatkan upaya dalam dimensi strength, dan berpedoman pada pengalaman belajar sebelumnya dalam dimensi generality.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: TINA YUNAR
Date Deposited: 10 Jun 2020 07:29
Last Modified: 10 Jun 2020 07:29
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/22193

Actions (login required)

View Item View Item