Akhmad, Riszal (2019) PENGHEMAT BAHAN BAKAR DENGAN MENGGUNAKAN PIPA KATALIS METODE HYDROCARBON CRACK SYSTEM GANDA PADA SEPEDA MOTOR 4 TAK MEGAPRO. In: SNATIF 2018, Univeritas Muria Kudus.

[img]
Preview
Text
2_PROSIDING UMK RISZAL.pdf

Download (317kB) | Preview
Official URL: https://conference.umk.ac.id/index.php/snatif/arti...

Abstract

Kendaraan bermotor dengan bahan bakar yang irit, lincah, cepat, dan praktis merupakan salah satu faktor utama konsumen menentukan pilihan membeli sepeda motor. Masyarakat yang memiliki sepeda motor di bawah tahun 2000 belum dilengkapi dengan alat penghemat bahan bakar, sehingga boros bahan bakar dan harus pintar menghemat bahan bakar. Banyak produsen sepeda motor yang mengeluarkan produk terbarunya paling irit bahan bakar, tetapi mempengaruhi performa mesinnya. Harga bahan bakar jenis premium Rp. 6.500,00 per liter, pertalite Rp. 7.600,00 per liter, pertamax Rp. 8.900,00 per liter, dan pertamax turbo Rp. 10.100,00 per liter. Harga bahan bakar yang tinggi mendorong peneliti melakukan berbagai inovasi penghemat bahan bakar.Tujuan penelitian ini mengembangkan desain pipa katalis HCS model spiral ganda yang disusun seri sehingga mampu menghemat bahan bakar diatas 67% pada sepeda motor 4 tak tanpa mempengaruhi performa mesin. Metode penelitian menggunakan variabel bebas dengan putaran mesin, panjang pipa, diameter pipa, dan volume pertamax. Variabel terikat dengan menguji torsi dan daya mesin, waktu konsumsi bahan bakar, temperatur, dan kebisingan sepeda motor Mega Pro 156,7cc. Penambahan pipa spiral katalis HCS ganda dan volume pertamax menambah waktu performa mesin. Pada panjang 500 mm dan 2000 ml volume pertamax untuk kecepatan putaran mesin 3500 rpm hanya mampu menghemat bahan bakar sebesar 52,52%. Desain pipa spiral katalis HCS ganda yang paling optimal dari yaitu pipa dengan panjang 500 cm dan volume pertamax 2000 ml. Selain waktu performa mesin pada desain pipa spiral katalis ini dapat meningkatkan torsi dan daya mesin sebesar 92,3% pada putaran 3500 rpm serta mengurangi temperatur 12,34% pada putaran 6000 rpm, dan kebisingan 1,93% pada putaran 4000 rpm. Bertambahnya pipa spiral katalis HSC ganda dan volume pertamax dapat meningkatnya kandungan hidrokarbon bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran disuplay dari uap pertamax. Bahan bakar premium (C8H18) di tambah uap pertamax.menjadikan kandungan bahan bakar memiliki nilai oktan tinggi, daya mesin yang lebih besar dan komsumsi bahan bakar rendah. Nilai oktan tinggi mempengaruhi pembakaran mesin sempurna, knocking berkurang, temperatur mesin rendah, dan kebisingan menurun. Kata kunci: Hydrocarbon Crack System; Penghemat Bahan Bakar; Performa Mesin. Pipa Katalis Ganda

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Mesin
Depositing User: M.eng Akhmad Riszal
Date Deposited: 28 May 2020 14:09
Last Modified: 28 May 2020 14:09
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20901

Actions (login required)

View Item View Item