Alza, Citra Rauda and Rudibyani, Ratu Betta and Emmawaty Sofia, ES The Effectiveness of Pre-Lecture Quiz in Improve Students' Fluency Thinking Skills of Buffer Solution Topic. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (3). pp. 509-522. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
19850-45777-1-PB.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Pre-Lecture Quiz dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. Metode penelitian ini menggunakan metode Kuasi eksperimen dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini berasal dari semua siswa kelas XI IPA SMA di Bandar Lampung sebanyak 8 kelas. Diperoleh sampel yang secara cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen (variasi pembelajaran Pre-Lecture Quiz) dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol (pembelajaran Non Pre-Lecture Quiz). Efektivitas Pre-Lecture Quiz ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa yang signifikan antara kelas eskperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 0,71 berkatagori “tinggi” dan kelas kontrol sebesar 0,20 berkatagori “rendah”. Kesimpulan penelitian ini yaitu Pre-Lecture Quiz efektif dan mempunyai ukuran pengaruh yang besar untuk meningkatkan keterampilan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: Larutan Penyangga, Keterampilan Berpikir Lancar, Pre-Lecture Quiz.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: EMMAWATY S
Date Deposited: 18 May 2020 05:36
Last Modified: 18 May 2020 05:36
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19936

Actions (login required)

View Item View Item