Danardono, Aditio and Rudibyani, Ratu Betta and Emmawaty Sofia, ES Efektivitas Media E-Book untuk Meningkatkan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (3). pp. 495-508. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
19067-45784-1-PB.pdf

Download (756kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggunakan media e-book untuk meningkatkan keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Efektivitas media e-book diukur menggunakan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen keterampilan metakognisi maupun penguasaan konsep siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa yang menggunakan media e-book berbeda secara signifikan dengan rata-rata nilai n-Gain yang tidak menggunakan media e-book. Maka penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa dapat ditingkatkan secara efektif dengan pembelajaran menggunakan media e-book. Keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep titrasi asam basa berpengaruh “besar” pada pembelajaran dengan media e-book. Kata kunci: e-book, metakognisi, penguasaan konsep, titrasi asam basa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: EMMAWATY S
Date Deposited: 18 May 2020 05:36
Last Modified: 18 May 2020 05:36
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19934

Actions (login required)

View Item View Item