Fadhila, Tita Nur and Rosilawati, Ila and Diawati, Chansyanah Efektivitas Model Pembelajaran Pogil untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Garam Menghidrolisis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (2). pp. 346-359. ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
18940-43483-1-PB.pdf Download (740kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) pada materi garam menghidrolisis. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA salah satu SMA di Lampung Selatan. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive samplingyaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Berdasarkan uji hipotesis, terdapat perbedaan rata-rata n-gain KPS yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci : POGIL, keterampilan proses sains (KPS), garam menghidrolisis.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ILA ROSILA |
Date Deposited: | 06 May 2020 03:31 |
Last Modified: | 06 May 2020 03:31 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19485 |
Actions (login required)
View Item |