Anggraini, Gian Fitria and Sofia, Ari (2016) REKONSTRUKSI KECAKAPAN SOSIAL GURU DALAM PENGEMBANGAN BERBICARA ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah VISI Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (PPTK PAUDNI), 11 (2). pp. 111-120. ISSN 1907-9176

[img]
Preview
Text
JURNAL VISI.pdf

Download (541kB) | Preview
Official URL: http://journal.unj.ac.id/jurnalfip/index/visi

Abstract

Interaksi sosial merupakan pondasi awal bagi anak untuk belajar mengenal lingkungan di sekitarnya. Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji pengaruh serta kontribusi kecakapan sosial yang dilihat melalui interaksi antara guru dan anak dalam pengembangan kemampuan bahasa, terutama berbicara usia dini. Penelitian ini dilakukan dari September sampai Oktober 2015. Metode penelitian dilakukan melalui pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian 30 orang guru PAUD di Bandar Lampung. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data diambil melalui angket dan di analisis dengan regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,511, dengan nilai signifikansi 0,003. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial terhadap pengembangan kemampuan bicara anak usia dini. Meskipun demikian kontribusi yang diberikan oleh interaksi sosial belum cukup memadai, dan hal ini menandakan perlunya suatu upaya untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas interaksi antara guru dan anak

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: teacher social interaction, oral language, literacy, early childhood education
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: GIAN FITRI
Date Deposited: 29 May 2017 06:34
Last Modified: 29 May 2017 06:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item View Item