Wijayanti, Ari Tri and Caswita, Caswita and Sutiarso, Sugeng (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah pada Pemecahan Konsep Matematis Siswa. Arithmetic: Academic Journal of Math, 1 (1). pp. 83-92. ISSN 2657-0440
|
Text
Jurnal_Sugeng.pdf Download (463kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengikuti alur Borg & Gall yang mencakup 7 (tujuh) langkah yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan, mengembangkan jenis/produk awal, uji coba tahap awal, revisi produk utama, uji coba lapangan dan melakukan revisi terhadap produk operasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah pada pemahaman konsep matematis peserta didik. Adapun masalah penelitiannya adalah bagaimana mengembangkan LKPD berbasis masalah pada pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMP Manba’ul Ulum Gayau Sakti dengan subjek penelitian siswa kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti menganalisis, mendesain suatu LKPD dengan respon yang baik dan valid sesuai ketentuan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) melalui hasil validasi dari para ahli sehingga LKPD layak digunakan dalam pembelajaran. Selain itu hasil penelitian menunjukan bahwa dilihat dari segi sampul, isi, maupun hasilnya efektif digunakan. Hal ini terlihat dari penelitian pengaruh LKPD lebih efektif dari pada tidak menggunakan LKPD berbasis masalah pada pemahaman konsep matematis peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SUGENG SUTIARSO |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 05:11 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 05:11 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16582 |
Actions (login required)
View Item |