Wardianto, Kussuyatmono Bagus and Damayanti, - and Destalia, Mediya and Supriyanto, Supriyanto (2019) MENGUJI NILAI STRATEGIS EKUITAS MEREK BAGI PERUSAHAAN. In: Seminar Nasional FISIP UNILA ke-3 "Agenda Baru Pembangunan Indonesia Berbasis Local Knowledge", 08 Agustus 2019, Bukti Randu Hotel and Resort, Bandarlampung. (Unpublished)
Text
MENGUJI NILAI STRATEGIS EKUITAS MEREK BAGI PERUSAHAAN-1.docx Download (95kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah nilai perusahaan secara signifikan dipengaruhi oleh ekuitas merek. Ekuitas merek dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan nilai merek yang dihitung melalui Metode Hirose (2002). Sedangkan nilai perusahaan diukur dengan menggunakan Tobin’s Q. Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol, yaitu struktur modal yang diukur dengan debt ratio dan profitabilitas yang diukur dengan return on assets. Sampel yang diteliti adalah Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017, sehingga terdapat unit analisis sebanyak 126 (21 perusahaan X 6 tahun). Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa nilai perusahaan secara signifikan dipengaruhi oleh ekuitas merek. Demikian juga struktur modal dan profitabilitas juga berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa profitabilitas lebih dominan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan, disusul oleh ekuitas merek dan struktur modal.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Speech) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Bisnis |
Depositing User: | ITA ITA PRIHANTIKA |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 07:19 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 07:19 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16571 |
Actions (login required)
View Item |