Puspa, Nesha Aprilia and Sutiarso, Sugeng and Asnawati, Rini (2019) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7 (3). pp. 423-432. ISSN 2338-1183

[img]
Preview
Text
SugengSutiarso_Ags2-2019.pdf

Download (252kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan posttest control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil SMPN 8 Bandar Lampung, dengan dua kelas sebagai sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep dan teknik analisis data menggunkan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci : pemahaman konsep matematika, pembelajaran kooperatif, pengaruh, STAD

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: SUGENG SUTIARSO
Date Deposited: 14 Nov 2019 10:18
Last Modified: 14 Nov 2019 10:18
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16295

Actions (login required)

View Item View Item