Puspa, Nesha Aprilia and Sutiarso, Sugeng and Asnawati, Rini (2019) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7 (3). pp. 423-432. ISSN 2338-1183
|
Text
SugengSutiarso_Ags2-2019.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan posttest control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil SMPN 8 Bandar Lampung, dengan dua kelas sebagai sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep dan teknik analisis data menggunkan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci : pemahaman konsep matematika, pembelajaran kooperatif, pengaruh, STAD
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SUGENG SUTIARSO |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 10:18 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 10:18 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16295 |
Actions (login required)
View Item |