Nurmansyah, Wahid and Sutiarso, Sugeng and Wijaya, Agung Putra (2019) Efektivitas Alqurun Teaching Model Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/17832, 7 (2). pp. 182-193.
|
Text
SugengSutiarso_Juni1-2019.pdf Download (465kB) | Preview |
Abstract
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Alqurun Teaching Model ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kibang tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 192 siswa yang terdistribusi ke dalam 6 kelas. Melalui teknik cluster random sampling 2 kelas diambil sebagai sampel yaitu kelas VIIB sebanyak 32 siswa dan VIIC sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan the randomized posttest only control design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Alqurun Teaching Model tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsepmatematis siswa. Namun, pemahaman konsep matematis siswa mengikuti Alqurun Teaching Model lebih tinggi dari pada pemahaman konsep matematis siswa mengikuti pembelajaran konvensional. Kata kunci: alqurun teaching model, efektivitas, pemahaman konsep matematis siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SUGENG SUTIARSO |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 10:18 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 10:18 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16282 |
Actions (login required)
View Item |