Chayani, Dina Eka and Sutiarso, Sugeng and Bharata, Haninda (2019) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7 (2). pp. 170-181. ISSN 2338-1183
|
Text
SugengSutiarso_Maret_2019.pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pesawaran tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 252 siswa yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel dari penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII-A sebanyak 28 siswa dan VIII-B sebanyak 27 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk essay. Analisis data penelitian ini menggunakan uji non parametrik yaitu uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SUGENG SUTIARSO |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 10:10 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 10:10 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16280 |
Actions (login required)
View Item |