Fadhila, Tita Nur and Rosilawati, Ila and Diawati, Chansyanah (2019) Efektivitas Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Garam Menghidrolisis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (2). pp. 346-359. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
Efektivitas Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan.pdf

Download (875kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.fkip.unila.ac.id/

Abstract

Efektivitas Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Garam Menghidrolisis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) pada materi garam menghidrolisis. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA salah satu SMA di Lampung Selatan.Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan data rata-rata n-gain KPS siswa di kelas eksperimen sebesar 0,7 berkriteria tinggi sedangkan data ratarata n-gain KPS siswa di kelas kontrol sebesar 0,49 berkriteria sedang. Berdasarkan uji hipotesis, terdapat perbedaan rata-rata n-gain KPS yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci : POGIL, keterampilan proses sains (KPS), garam menghidrolisis.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Kimia
Depositing User: Dr CHANSYANAH Diawati
Date Deposited: 14 Nov 2019 10:10
Last Modified: 14 Nov 2019 10:10
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16001

Actions (login required)

View Item View Item