Nurweni, Ari and Mahpul, Mahpul and Munifatullah, Feni and ginting suka, ramlan (2018) Pelatihan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru Bahasa Inggris SMP Kota Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Hasil Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Unila 2018. pp. 373-384. ISSN ISBN 9786020860275
|
Text
PROSIDING PKM 2019 LP2M Ari N compress.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu 1) meningkatkan pengetahuan tentang penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan 2) meningkatkan kemampuan dalam membuat instrumen penilaian autentik dan rubriknya dalam pembelajaran Bahasa Inggris guru Bahasa Inggris SMP.Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian berupa pelatihan penilaian autentik Bahasa Inggris, yang materinya meliputi: 1) Kriteria tes yang baik; 2) Penilaian autentik dan jenis-jenisnya, 3) Rubrik penilaian, 4) Praktek membuat alat ukur penilaian autentik dan rubrik penilaiannya dalam pembelajaran Bahasa Inggris secara kelompok dan individu, dan 5) pemberian feedback. Evaluasi kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui pretes dan postes. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan pada awal pelatihan pengetahuan peserta masih tergolong sangat rendah. Rata-rata hasil pretes peserta sebesar 21,74. Setelah peserta mengikuti pelatihan nilai pengetahuan peserta meningkat rata-rata menjadi 43,19. Hasil postes secara rata-rata menunjukkan peningkatan lebih dari 100% akan tetapi nilai rata-rata tersebut masih tergolong belum memuaskan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris |
Depositing User: | Dr Feni Munifatullah |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 03:09 |
Last Modified: | 19 Aug 2019 03:09 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/13826 |
Actions (login required)
View Item |