Adha, Muhammad Mona and Yanzi, Hermi and Nurmalisa, Yunisca (2019) Open Classroom Climate: Project Citizen Model in Civic Education Learning Activity. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 17 (1). pp. 13-22. ISSN e-ISSN 2579-7700, p.ISSN 1693-5276

[img]
Preview
Text
PEDAGOGIA ARTICLE.pdf

Download (390kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/index

Abstract

Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis portofolio berupaya untuk fokus pada siswa agar memiliki pengetahuan dan pemahaman, keterampilan dan sikap, nilai-nilai, dan disposisi yang mengarahkan mereka secara aktif berpartisipasi dalam berperan dan tanggung jawab di dalam kehidupan mereka sehari-hari. Project citizen memberikan keyakinan kepada siswa memiliki kemampuan untuk memberikan analisis masalah, mengumpulkan tugas, dan menjadi lebih kreatif. Iklim kelas terbuka menjadi faktor penting dalam membangkitkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sehingga tercipta interaksi dan hubungan yang demokratis di dalam kelas. Penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak enam kali pertemuan (enam minggu) untuk melihat perbedaan implementasi diantara kedua kelas yang berbeda berdasarkan aspek motivasi, interaksi dan kerjasama di dalam kelompok. Temuan dari penelitian ini adalah: (1) pengalaman belajar yang terintegrasi memberikan kesadaran kepada siswa bahwa keseimbangan antara hak dan kewajiban sangat penting sebagai warga negara dan mencari solusi alternatif untuk penyelesaian masalah di sekitar siswa/masyarakat; (2) secara signifikan model belajar ini meningkatkan aktivitas kerjasama dan motivasi siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN
Depositing User: Mr Muhammad Mona Adha
Date Deposited: 14 May 2019 08:23
Last Modified: 14 May 2019 08:23
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12833

Actions (login required)

View Item View Item