Anggraini, Rika and Herlina, Kartini and Nyeneng, I Dewa Putu (2018) Desain LKPD Berbasis Scientific Approach Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Suhu dan Perubahannya : Penelitian Pendahuluan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6 (2). ISSN 2302-0105

[img]
Preview
Text
6) 17468-39932-1-PB.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan guru dan siswa dengan adanya media penunjang kegiatan pembelajaran berupa LKPD dan menawarkan desain LKPD sebagai penunjang dalam pembelajaran berbasis pendekatan scientific berfokus pada keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang memuat 10 langkah, namun pada penelitian ini dibatasi sampai 3 langkah saja dikarekana keterbatasan waktu . Teknik pengumpulan data digunakan metode angket dan obersevasi. Hasil analisis kebutuhan di SMP Negeri 2 Tulang Bawang Udik melalui angket siswa kelas VII dengan presentase 71,42 % dan angket guru dengan presentase 76,47% menyatakan bahwa LKPD berbasis pendekatan scientific sebagai media pendukung dalam kegiatan pembelajaran perlu dikembangkan untuk mempermudah siswa memahami materi pembelajaran. Metode observasi observasi dilakukan untuk mengetahui sumber daya sarana dan prasarana yang ada di Sekolah. Hasil observasi menyatakan bahwa LKPD yang digunakan masih berasal dari buku paket dari dinas pendidikan .Dan desain dari LKPD yang mungkin ditawarkan adalah a) cover; (b) prakata; (c) daftar isi; (d) petunjuk penggunaan; (e) kompetensi inti; (f) kompotensi dasar; (g) indikator; (h) isi LKPD, (i) Rangkuman materi (j) evaluasi; dan (k) daftar pustaka. LKPD ini memuat langkah pembelajaran 5M (mengamati, menanya, melakukan eksperimen, menalar dan mengomunikasikan) dan indikator keterampilan berpikir kreatif yang meliputi kepekaan (problem sensitivity), kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originally), dan elaborasi (elaboration).

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: I DEWA PUT
Date Deposited: 09 May 2019 08:21
Last Modified: 09 May 2019 08:21
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12297

Actions (login required)

View Item View Item