Abdurrahman, Abdurrahman and Suyanto, Eko and adella, emrisena (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6 (2). ISSN 2442-4838
Archive
1306 - Published Version Download (31kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Kartikatama Metro. Sampel terdiri dari 66 siswa yang dibagi menjadi satu kelas PBL dan satu kelas DI dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala self-efficacy dan tes keterampilan proses sains. Analisis data dilakukan dengan two-way ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan model problem based learning dan siswa yang belajar dengan model direct instruction (F=7,959;p<0,05), terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang memiliki self-efficacy tinggi dan siswa yang memiliki self-efficacy rendah (F=80,325;p<0,05), dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap keterampilan proses sains (F=0,001;p>0,05).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dr. Abdurrahman Abdurrahman |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 03:01 |
Last Modified: | 16 Nov 2018 03:01 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10053 |
Actions (login required)
View Item |