Setyarini, M. and Liliasari, Liliasari and Kadarohman, Asep and Martoprawiro, Muhamad A. (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN STEREOKIMIA BERBASIS VISUALISASI 3D MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL. Cakrawala Pendidikan, XXXVI (1). pp. 91-101. ISSN 0216-1370

[img] Text
Artikel di Jurnal Cakrawala Pendidikan- accepted.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/issue/archi...

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menyelidiki keefektifan program pembelajaran stereokimia berbasis visualisasi 3D molekul menggunakan salah satu chemical drawing software berbasis open source, yakni Avogadro dan animasi kekiralan melalui komputer untuk meningkatkan kemampuan spasial mahasiswa calon guru. Studi menggunakan quasi experimental control group pretest-posttest design. Instrumen penelitian terdiri atas 25 soal pilihan ganda disertai alasan yang disusun berdasarkan indikator tiga dimensi utama kemampuan spasial. Subjek penelitian terdiri atas kelas kontrol dan kelas eksperimen, masingmasing ada sebanyak 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, sedang analisis data dilakukan dengan teknik statistik dengan bantuan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor post test kemampuan spasial kelompok mahasiswa dengan pembelajaran stereokimia berbasis visualisasi 3D molekul secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok mahasiswa yang media pembelajarannya menggunakan molymod. Keefektifan program ditunjukkan oleh peningkatan N-gain dalam kategori sedang dan efek size (d) dalam kategori tinggi untuk ketiga dimensi utama kemampuan spasial. Kata kunci: stereokimia, visualisasi 3D, kemampuan spasial, software open-source

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: M SETYARIN
Date Deposited: 15 Nov 2017 07:12
Last Modified: 15 Nov 2017 07:12
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5524

Actions (login required)

View Item View Item