Lestari, Sri and Nurmalisa, Yunisca and Mentari, Ana (2024) Pengaruh Literasi Digital dan Minat Baca Terhadap Motivasi Belajar Generasi Z. HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1 (1). pp. 22-30. ISSN 3032-1875
![]() |
Text
2024-Pengaruh Literasi Digital dan Minat Baca Terhadap Motivasi Belajar Generasi Z.pdf Download (238kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui maupun mendeskripsikan pengaruh dari literasi digital dan minat baca terhadap motivasi belajar generasi Z. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa PPKn Angkatan 2020-2022. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan uji regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh dari literasi digital terhadap motivasi belajar sebesar 46,8% dan terdapat pengaruh minat baca terhadap motivasi belajar sebesar 46,2% , serta terdapat pengaruh literasi digital dan minat baca terhadap motivasi belajar dengan persentase 56,5%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwasannya kombinasi antara penguasaan literasi digital yang baik dan minat baca yang tinggi yang ditandai dari antusiasme belajar, tentu akan membantu mahasiswa PPKn untuk jauh lebih aktif, dan juga terdorong untuk terlibat dalam aktivitas belajar. Adanya peningkatan pada literasi digital dan minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Mengingat era sekarang, bahwasannya tuntutan seorang mahasiswa untuk bisa menghadapi segala bentuk tantangan dalam pembelajaran ialah melalui penguasaan literasi digital dan minat baca yang kuat. Semakin baik literasi digital dan minat baca mahasiswa PPKn maka berdampak pula pada motivasi belajar yang semakin baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN |
Depositing User: | M.pd Ana Mentari |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 01:28 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 01:28 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/54457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |