Prasetyo, Sigit Bagus and Adha, Muhammad Mona and Mentari, Ana and Rohman, Rohman (2023) Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Ilmu Kewarganegaraan Dalam Menguatkan Sikap Toleransi Peserta Didik. Educare: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (2). pp. 43-51. ISSN 2775-667X
|
Text
1697-Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Ilmu Kewarganegaraan.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan ilmu kewarganegaraan dalam menguatkan Sikap Toleransi Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Way Tenong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Way Tenong. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 responden. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan ilmu Kewarganegaraan berperan sebesar 53,6% terhadap sikap toleransi peserta didik. Peran pembelajaran Pendidikan Pancasila dan ilmu Kewarganegaraan memberikan dampak positif dan juga dampak yang baik kepada peserta didik yaitu salah satunya agar menjadi peserta didik yang memahami arti penting toleransi dalam kehidupan sehari hari yang bermanfaat untuk kerukunan, kebersamaan, dan kenyamanan antar masyarakat. Peran pembelajaran Pendidikan Pancasila dan ilmu kewarganegaraan dalam menguatkan sikap toleransi merupakan sebagai tempat untuk membentuk atau menguatkan karakter dan sikap yang mampu menghargai perbedaan, menghargai pendapat, dan mengedepankan kedamaian.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN |
Depositing User: | M.pd Ana Mentari |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 08:57 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 08:57 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/52342 |
Actions (login required)
View Item |