Dewi Lengkana, Dewi Lengkana and Tri Jalmo, Tri jalmo (2021) Pengembangan Model pembelajaran e- Multiple representastion-STEM pada bidang etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir system dan kemampuan metakognisi mahasiswa calon guru IPA-Biologi. Project Report. LPPM Unila. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN MR-STEM (final)Etnosains Dewi Lengkana .pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan Model pembelajaran e- Multiple representation (MR)-STEM pada bidang etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem dan kemampuan metakognisi mahasiswa calon guru IPA-Biologi Ringkasan Program pembelajaran secara daring memerlukan perangkat pembelajaran berbasis internet. Model dan pendekatan pembelajaran yang digunakan pada kelas daring berbeda dengan di kelas luring dalam hal pelaksaaannya. Model pembelajaran Multi representasi Pada penelitian ini akan dikembangkan model pembelajaran e-Multi Representasi (MR)-STEM yaitu modifikasi dari pembelajaran MR yang diintegrasikan dengan pendekatan STEM pada materi etnosains yang diajarkan berbasis internet. Pengembangan model pembelajaran tersebut juga diarahkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir system dan kemampuan metakognisi mahassiwa calon guru biologi. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru Biologi Unila yang mengambil matakuliah etnosains dan zoovertebrata semester genap tahun ajar 2020-2021. Desain penelitian pengembangan ini mengikuti desain 4 D (Define, Design, Develop dan Dissemination). Indikator keberhasilan penelitian dilihat dari (1) tersusunnya model pembelajaran e- MR-STEM keterlaksaaan model pembelajaran e-learning MR-STEM yang memiliki karakteristik khusus, (2) tersusunnya e-LKPD, dan (3) tersusunnya e-Asesmen pada matakuliah etnosains dan Zoology Vertebrata yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir system dan kemampuan metakognisi mahasiswa. Sampel diambil secara purpossive sampling dan data diperoleh melalui rancangan one shoot case study design. Belum ada studi tentang model pembelajaran MR_STEM ini. Secara khusus luaran dari penelitian ini adalah tersusunnya suatu model pembelajaran yang berpotensi untuk dipatenkan, dan secara umum adalah memperoleh pembuktian secara empiris tentang pembelajaran berbasis multi representasi dimana pengetahuan ini akan melengkapi khazanah ilmu pengetahuan tentang pembelajaran multi representasi yang sudah ada. Kata kunci: e-learning MR-STEM, etno sains, e-LKPD, e-assessment, desain 4D

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: DEWI LENGK
Date Deposited: 24 Jan 2022 01:16
Last Modified: 24 Jan 2022 01:16
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/38236

Actions (login required)

View Item View Item