rochmiyati, rochmiyati (2013) Model Peer Assessment pada Pembelajaran Kolaboratif Elaborasi Peta Konsep IPS Terpadu di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, - (2). pp. 333-347. ISSN 1410-4725

[img]
Preview
Text (Artikel)
4. Model Peer-Assessment pada Pembelajaran Kaloboratif Elaborasi Peta Konsep IPS Terpadu di Sekolah Menengah Pertama..pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Reviewer)
4.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Similaritas)
4. MODEL_PEER_ASSESSMENT_PADA_PEMBELAJARAN_KOLABORATI.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://anjasmara.uny.ac.id/Record/eprints-13412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat peer assessment pada pembelajaran kolaboratif IPS yang baik, valid, handal, dan fit yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian kecakapan social siswa secara obyektif. Penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat peer assessment kecakapan sosial yang disebut Rubrik Kecakapan Sosial. Perangkat pendukung adalah Jurnal Kecakapan Kognitif, Lembar Kendali Pembelajaran Kolaboratif, dan Rubrik Profil Keterlaksanaan. Subyek penelitian guru dan siswa kelas VIII (delapan) dari Sekolah Menengah Pertama. Data dianalisis dengan Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rubrik Kecakapan Sosial untuk mengukur kemampuan komunikasi, tanggung jawab individu, tanggung jawab terhadap kelompok, kerjasama dan kompetisi siswa. Hasil analisis rubrik kecakapan sosial, jurnal kecakapan kognitif dan lembar kendali pembelajaran kolaboratif dinyatakan valid dan reliabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa konstruk Rubrik Kecakapan Sosial akurat, konstruk Jurnal Kecakapan Kognitif akurat, dan konstruk Rubrik Profil Model Peer Assessment akurat, dan model peer assessment mempunyai dampak positif pada peningkatan perolehan nilai rata-rata kelas pada kecakapan kognitif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: ROCHMIYATI
Date Deposited: 20 Aug 2021 01:38
Last Modified: 20 Aug 2021 01:38
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/33505

Actions (login required)

View Item View Item