Tyas Andani, Tyas Andani and Dewi Lengkana, Dewi Lengkana and Tri Jamo, Tri Jalmo and Marina Setyarini, Setyarini (2020) Penggunaan Representasi Horizontal pada Buku IPA Siswa Pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan dan Pengaruhnya pada Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Visual Siswa. In: The 2nd ICOPE 2020, October 17-18, Lampung, Indonesia, October 17-18, Bandar Lampung. (Submitted)
Text
Representasi Horizontal (ICOPE2).docx Download (98kB) |
Abstract
ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan representasi horizontal yang disajikan dalam buku sains siswa dalam menjelaskan konsep, teori, dan fenomena ilmiah pada materi pelajaran energi serta dampaknya terhadap keterampilan berpikir kritis dan literasi visual siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah seratus siswa di sepuluh sekolah menengah pertama di kota Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan lembar penilaian buku IPA siswa. Angket digunakan untuk mengetahui bahan ajar yang digunakan oleh siswa. Lembar penilaian digunakan untuk mengetahui jenis representasi horizontal pada buku IPA dan mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis dan pencapaian literasi visual berdasarkan evaluasi dan aktivitas siswa pada buku tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang paling banyak digunakan siswa adalah buku IPA siswa kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2017 dengan kategori sangat tinggi (97%). Jenis representasi horizontal yang paling banyak disajikan pada materi pelajaran energi adalah gambar, termasuk dalam kategori sangat tinggi (82,8%), sedangkan persamaan, diagram, bagan, grafik, tabel, dan animasi termasuk dalam kategori sangat rendah. Persentase aktivitas siswa dan evaluasi buku IPA yang sesuai dengan indikator keterampilan berpikir kritis berada pada kategori sedang, dan yang sesuai dengan indikator literasi visual berada pada kategori sangat rendah (10%). KEYWORDS Representasi horizontal, Literasi visual, Keterampilan berpikir kritis
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan IPA |
Depositing User: | Dr Dewi Lengkana |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 09:12 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 09:12 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/24725 |
Actions (login required)
View Item |